Sistem Penjaminan Mutu Internal 2021

6. Ketercapaian Indikator Kinerja Standar Hasil PkM

6.1 Lembaga Penelitian dan PkM UNISM menjamin bahwa Hasil Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan dosen dan mahasiswa setiap tahun akademik meliputi : a) penyelesaian masalah yang dihadapi masyarakat dengan memanfaatkan keahlian sivitas akademika Universitas Sari Mulia yang relevan; b) pemanfaatan teknologi tepat guna; c) bahan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; atau d) bahan ajar atau modul pelatihan untuk pengayaan sumber belajar
Download

6.1.1 Adanya keterkaitan PkM dengan pendidikan berupa minimal dua mahasiswa yang dilibatkan dalam setiap PkM;

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.2 Adanya keterkaitan PkM dengan pendidikan berupa jumlah PkM yang memperoleh HKI minimal 1 per program studi setiap tahun;

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.3 Adanya keterkaitan PkM dengan pendidikan berupa Program studi melakukan PkM secara interdisciplinary education (multi disiplin ilmu) minimal 2x dalam 1 tahun.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.4 Jumlah hasil PkM yang telah dikomersilkan minimal 1 per program studi dalam setiap 4 tahun.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.5 Hasil PkM dosen dilakukan diseminasi secara berkala dan konsisten.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.6 Terdapat minimal 1 hasil publikasi kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat pada jurnal Nasional dan/atau jurnal internasional setiap tahun pada setiap program studi.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.7 Penghargaan nasional dan internasional judul/ tahun meningkat.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.8 Jumlah pengabdian yang memuat inovasi dan berguna bagi masyarakat minimal 1/PS selama 3 tahun.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.9 Jumlah teknologi tepat guna yang dapat dimanfaatkan minimal 1/PS selama 3 tahun.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.10 Adanya LPJ PkM Dosen

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.11 Hasil PkM dosen dan mahasiswa diarahkan dalam pengembangan keilmuan dan capaian pembelajaran berupa adanya bahan ajar satu kali setiap tahun akademik

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.12 Dosen yang memiliki Hak Kekayaan Intelektual bidang PkM > 20%/tahun.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.13 Jumlah PkM sesuai dengan bidang keilmuan PS, yang dilakukan oleh dosen tetap yang bidang keahliannya sama dengan bidang keahlian dimana hasil PkM memperoleh pendanaan dari PT sendiri, dalam negeri dan luar negeri yang sesuai bidang ilmu minimal 1 buah setiap tahun akademiknya.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.14 Adanya Proposal maasiswa lengkapi dengan lampiran sesuai dengan ketentuan LPPM.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.15 Adanya pedoman PKM mahasiswa

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.16 Adanya sosialisasi pedoman PKM mahasiswa

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.17 Mahasiswa mengisi evaluasi kepuasan layanan LPPM.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.18 Jumlah PkM dosen yang melibatkan mahasiswa minimal sebanyak 25% dari total jumlah PkM per Tahun Akademik pada setiap PS.

1
Base Line - 2020(25%).
2
Periode - 2021(35%).
6.2 Salah satu tindak lanjut hasil PkM yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa harus dilakukan pengintegrasian dalam proses Pembelajaran di UNISM sebagai pengembangan keilmuan. (Pernyataan standar tambahan.
Download

6.2.1 Adanya produk bahan ajar berdasarkan hasil PkM

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

7. Strategi Pencapaian Standar Hasil PkM